somekind of Fangirl

Empat tahun berlalu, ‘Music Bank in Jakarta’ akan kembali digelar pada tahun ini. ‘Music Bank in Jakarta 2017’ yang berlangsung pada tanggal 2 Septermber di JIEXPO Kemayoran mendatangkan beberapa grup idol papan atas yaitu EXO, B.A.P, GFRIEND, NCT 127 dan ASTRO serta MC Park Bo Gum dan Irene Red Velvet yang akan memandu gelaran musik tersebut. Fans Kpop Indonesia pasti sangat menantikan acara ini.

Nah, ini nih macam-macam Fangirl yang biasanya sering ditemukan. Hahaha ^^

  1. Tipe Sasaeng Fans

Berdasarkan beberapa info yang saya baca di beberapa fansite dan web, seorang sasaeng fans atau paparazi atau di indonesia lebih dikenal dengan sebutan fans lebay adalah tingkatan paling atas dalam tipe-tipe seorang fangirl. Iya, itu hanya penilaian dan klasifikasi yang saya buat.

Biasanya seorang sasaeng fans akan mengorbankan tidak hanya biaya namun juga waktu yang ia berikan hanya untuk mencari informasi dan mendapatkan foto dari sang artis. Iya, mereka rela merogok kantong dalam-dalam hanya untuk mengikuti dan menguntit para artis tersebut. Bahkan sebuah sumber menyebutkan lebih dari Rp.10.000.000,- mereka keluarkan untuk mengikuti kegiatan artis itu setiap bulannya.

Tidak aneh mereka mengikuti segala kegiatan sang artis, dari mulai melihat konser, fanmeeting, fansign, membeli album original, membeli barang-barang yang berkaitan dengan sang artis, atau bahkan update dengan pemberitaan tidak hanya artikel namun juga MV dan video di Youtube.

Karena mereka akan bangga dan merasa puas ketika memiliki dan mengetahui pertama kali hal yang berkaitan dengan artisnya. Pendapat mereka, begitu banyaknya fans, tidak mungkin sang artis mengenal fans semua, dengan menjadi sasaeng fans maka akan membuat ia dikenal oleh sang artis.

Iya, dedikasi mereka kadang berlebihan. Namun, dedikasi mereka juga membantu para fangirl yang ingin mengetahui informasi sang artis yang mereka bagikan secara percuma.

 

  1. Tipe Online Fans

Sudah jelas bahwa tipe ini adalah fangirl yang begitu terupdate dengan kegiatan sang artis. Ia mengikutinya melalui media online yang saat ini telah canggih. Biasanya karena berbeda negara dan benua dengan sang artis, membuat fangirl lebih memilih untuk lebih dekat melalui media online yang tersedia. Seperti Youtube, Twitter, Facebook, Instagram, Fansite dan lainnya. Selain itu juga, biasanya tipe ini adalah golongan fans yang kurang biaya untuk melihat artis langsung, jadi ia mengakalinya dengan melihat MV, Konser atau apapun kegiatan sang artis lewat Video yang di update fangirl lain yang melihat langsung.

Sering kali tipe ini menjadi salah satu admin sebuah fansite sang artis, ia rela berbagi info lewat media dengan yang lain. Dan sering kali, ia banyak menemukan fakta-fakta menarik dari hasil jelajah online sang artis.

 

  1. Tipe Fangirl Banget

Tipe ini mungkin fangirl yang memang sedang hangat-hangatnya, atau membara-membaranya menyukai sang bias (artis). Sering kali tipe ini mengupdate segala sesuatunya dikaitkan dan dihubungkan dengan sang artis. Seperti memasang foto artis tersebut menjadi DP BBM, Avatar Twitter, Profile Facebook, Wallpapper HP, Background Laptop, atau bahkan menempelkan poster di dinding kamar. Iya. Ada juga yang mengikuti semua tentang artisnya, bahasa, gaya dan lainnya.

Lebih parah lagi, biasanya mereka mengaupload foto-foto, video, atau berita sang artis ke media sosial yang ada, dan bahkan sering kali membuat status Facebook, twitter, atau lainnya berkaitan dengan sang artis. Hingga kronologi dan timeline mereka penuh dengan segala tentang artis itu.

Ada dari beberapa diantaranya juga selalu bersikap emosional tentang menaggapi berita yang terjadi pada artisnya. Seperti marah ketika sang artis jalan dengan artis lain, atau ikut berargumen dan ribut di media sosial meributkan artis satu dan lainnya.

Iya, tipe ini memang fangirl setia. Bahkan ada diantaranya yang selalu membahas tentang artisnya dimanapun, membahas dan membicarakannya.

 

  1. Tipe Multi Fandom

Artinya dimana seorang fangirl memiliki banyak artis yang di favoritkan, tidak hanya satu, tapi lebih banyak. Seperti EXO-L, juga ia menjadi ELF, dan bahkan ia juga Shawol. Ia, multi fandom. Ia mungkin bingung jadi memilih menyukai semuanya.

 

  1. Tipe Exlusive

Sudah jelas, tipe ini untuk fangirl yang memiliki rezeki berlebih. Biasanya ia bisa melihat konser, fanmeeting atau kegiatan bertemu sang artis dengan sangat mudah. Bahkan dengan rezeki berlebihnya itu, ia bisa membeli tiket VVIP agar bisa lebih dekat dengan sang artis.

Sudah pasti semua album, dan barang-barang original yang berhubungan dengan sang artis ia punya. Seperti jaket, light stick, album dan lainnya. Ada juga dengan predikat exlusive nya ini ia bisa bertemu langsung secara dekat dengan sang artis, entah itu bisa berfoto bareng atau sekedar bertemu. Baik karena rezekinya berlebih atau karena orang-orang kenalannya.

 

  1. Tipe Koleksi

Tipe ini memang mengkoleksi semua yang berhubungan dengan sang artis, mulai dari album, jaket, baju, topi, buku, light stick, tas dan lainnya. Bahkan ia mengkoleksi segala video, foto, MV yang ia download di Youtube hingga hardisk di Laptop penuh dengannya.

Nah, bagi kamu yang masih belum bisa koleksi merchandise asli kamu bisa membuatnya sendiri. Misalnya kamu membuat notebook custom dengan gambar Bias kamu. Kamu bisa memesannya disini..

 

  1. Tipe Detektif

Sherlock Holmes fan, iya. Mereka biasanya menyelidiki dan mencari kebenaran suatu berita atau suatu hal tentang artisnya. Misalnya ketika ada teka-teki dalam teaser EXO album EXODUS tentang #Pathcode, mereka mencari tahu kode itu dengan rumus matematika, geografi hingga astronomi. Dan benar saja, predikat detektif ini memang pas. Selain itu juga, ketika ada sebuah skandal/berita tentang artisnya, mereka mencari bukti-bukti tentang validisasi berita itu, dengan bukti fto, video atau apapun. Dan, daebak! Mereka selalu saja bisa mencari tahunya. Pernah juga, mereka bisa mencari tahu tanda-tanda dan fakta-fakta sang artis. Entah itu fakta-fakta profile nya, fakta-fakta sebelum debut, fakta-fakta dengan member lain, atau bahkan fakta-fakta kenapa ada kejadian mengenai artisnya.

 

  1. Tipe Ikut-ikutan

Biasanya ikut-ikutan suka artis karena temannya suka, hanya ikut-ikutan menyukai, tanpa mengetahui lebih tentang sang artis. Ia berekspresi dengan meminta film, video, MV atau foto sang artis pada temannya yang memang fangirl asli. Biasanya juga tipe ini tidak bertahan lama, karena hanya ikut-ikutan. Ia akan mengganti artis satu dan lainnya sesuai perkembangan dan terkenalnya/treding sang artis itu. Ia akan mudah berganti-ganti bias.

 

  1. Tipe Intelektual Kreatif

Saya sebenarnya salut dengan tipe ini, karena tipe ini kretaif dan intektual. Memanfaatkan segala potensi dan bakatnya untuk mengekspresikan rasa itu untuk sang artis. Seperti ia membuat Fanart-fanart dari sang artisnya, membuat cerita-cerita komik tentang sang artis, membuat video-video yang menarik tentang sang artis, atau bahkan ada yang membuat gambar menarik tentang sang artis.

Selain itu juga, karena fangirlnya itu ia mampu membuat blog, atau website yang berisi tulisan atau bahkan karya yang ia buat tentang sang artis. Ia, memanfaatkanya untuk berkreasi dan berkarya positif.

 

  1. Tipe Move-on

Ini adalah tipe fangirl yang telah move on, memutuskan untuk berhenti menjadi fangirl. Namun ketika membahas tentang artisnya ia masih akan merespon, namun sekedarnya dan biasa saja. Sumpah, tipe ini adalah jenis paling keren. Ia mampu move on dan bangkit!

 

  1. Tipe Fangirl Rahasia

Tipe fangirl rahasia, memang rahasia, dan sangat rahasia. Ia menyembunyikan rasanya untuk sang artis. Ia memang mengikuti semua informasi, berita, kegiatan sang artis lewat media online. Namun ia tak menampakan rasa sukanya pada sang artis itu pada orang lain, ia merahasiakannya sendiri, namun meringis ketika itu berhubungan dengan sang artis. Ia juga tak menampakannya lewat status, atau foto-foto di Facebook, twitter, instagram atau lainnya. Namun ia mengikuti perkembangan artisnya tanpa mempublisnya, ia menyimpannya sendiri.

Tipe ini sebenarnya setia dan solid banget, namun ia merahasiakannya. Ia di luar terlihat santai, namun ketika menemukan ruangannya sendiri ia menikamtinya sebagai metime. Dan tipe ini, biasanya tidak menyukai ia disebut seorang fangirl, ia ingin move on dari artisnya, ia ingin melupakan itu, karena menjadi seorang fangirl adalah hal yang memang bukan keinginannya. Namun ia terjebak didalamnya. Ia hanya berkreasi dengan bakatnya tentang sang artis, seperti menggambar, menulis, berkarya dan ia menyimpannya sendiri. Padahal ia menyimpan file-file tentang sang artis di laptopnya, mengkoleksi semua tentang sang artis, dan bahkan dalam salah satu mimpinya ingin bertemu dengan sang artis. Iyah, ia istimewa dalam kerahasiaannya.

 

  1. Tipe “Bukan” Fangirl Beruntung

Iya, biasanya orang yang bukan fangirl artis itu justru malah bisa bertemu langsung dan bertatap muka dengan sang artis, entah itu sebuah keberuntungan, kesempatan, tidak sengaja, atau bahkan bertemu karena hal lainnya. Seperti para Nonna (sebutan laki-laki korea pada perempuan lebih tua) yang menjadi make-up artis, asisten, staf produksi atau lainnya. Mereka bekerja disana, dan dapat dengan mudah becanda dan bercengkrama dengan sang artis. Iya, mereka “bukan” fangil beruntung. Atau seseorang yang kebetulan sedang jalan-jalan dan ketemu sang artis, iya sesuatu keberuntungan. Ada lagi seseorang yang tak sengaja bertemu snag artis saat di dalam pesawat, atau bahkan restoran, iya mereka “bukan” fangirl beruntung.

jadi, Fangirl spertyi apa kamu ???

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *