Tips Agar Tak Jadi Korban Skimming ATM

Baca Tips Ini Agar Tak Jadi Korban Skimming ATM

Hasil gambar untuk atm

Beberapa waktu yang lalu masyarakat resah karena kejahatan pencurian. Tidak tanggung-tanggung, pencurian yang satu ini langsung menyerang pada perangkat mesin ATM dan tentu sangat mengkhwatirkan.

Pencurian ini dinamakan skimming yaitu pencurian informasi seperti nomor PIN dan akun nasabah melalui ATM. Ternyata Skimming bukanlah sebuah teknologi baru, bahkan skimming sudah ada sejak 10 tahun lalu yang kemudian jatuh kepada tangan-tangan yang salah dan mengakibatkan timbulnya tindak kejahatan yang menggunakan teknologi skimming.

Penjahat skimming mampu mendapatkan data dari para nasabah secara real time dengan menggunakan 2 perangkat yang masing-masing diletakkan pada tempat di mana Anda memasukkan kartu dengan cara kerja membaca garis magnetik dan nomor akun. Biasanya juga terdapat kamera-kamera tersembunyi yang dimaksudkan untuk mengintai nomor PIN yang diketik oleh nasabah.

Ini tentu menjadi hal yang sangat meresahkan masyarakat. Bagaimana tidak? Beberapa waktu yang lalu banyak nasabah menjadi korban skimming ini. Oleh karena itu nasabah dianjurkan berhati-hati bertransaksi di ATM.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Apakah ada cara mencegah skimming agar tidak menimpa kita? Ternyata ada caranya, simak berikut ini:

Harus lebih berhati-hati memilih mesin ATM berdasarkan lokasi

Anda harus menghindari bertransaksi menggunakan ATM di pusat perbelanjaan, toko-toko, restoran, bandara, yang sangat rentan terhadap kasus pencurian. Intinya hindari menggunakan mesin-mesin ATM di luar Bank. Salah satu contoh kasus skimming ATM ini pernah terjadi di salah satu toko populer di Florida, Amerika Serikat.

Jangan lupa teliti memperhatikan kondisi ATM

Ya, ketelitian juga merupakan faktor penting untuk menghindarkan Anda dari Skimming ATM. Sebelum menggunakan mesin ATM, Anda dianjurkan untuk memeriksa keasilan slot kartu dan bukan tempelan. Anda bisa lebih peka untuk merasakan keanehan saat memasukkan kartu ke mesin ATM.

Selalu menutupi tangan saat memasukkan PIN

Ketika memasukkan nomor PIN mungkin sudah merasa aman ketika tidak ada orang berada dekat Anda. Jangan lupa, bahwa kamera pengintai bisa saja sedang memantau aktivitas Anda secara diam-diam dan akhirnya bisa mengetahui password Anda.

Jangan lupa untuk mengecek saldo secara rutin

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah rutin mengecek saldo. Dengan melakukan pengecekan rutin akan membuat Anda dapat dengan cepat mengetahui apabila saldo Anda berkurang dengan tidak semestinya. Anda juga bisa mengecek mutasi rekening untuk mengetahui daftar transaksi dan dengan mudah menganalisa jika ada transaksi-transaksi aneh yang terdapat pada akun Anda.

Kejadian ini mengingatkan kita untuk selalu berhati-hati dan waspada dalam melakukan aktivitas apapun, karena kejahatan akan selalu ada dan bisa menimpa kita kapanpun, dimanapun, dengan cara apapun. Tapi janganlah terlalu khawatir, dengan kehati-hatian maka telah mengurangi risiko pada diri Anda. Semoga bermanfaat.

sumber : finance.detik.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *