4 Cara Menghemat Kuota Data Internet di Android

Internet jaman sekarang sudah menjadi hal yang sangat penting dan krusial. Bahkan kalau nggak ketemu sehari aja bisa bikin mood kamu berantakan. Ngaku aja deh. Tapi pemakaian kuota data internet berbanding terbalik sama harganya. Semakin banyak dan cepat koneksi yang ditawarkan, semakin pula harganya. Bisa tekor kalo gitu terus. Maka dari itu Didol mau kasih kamu 4 Cara Menghemat Kuota Data di Android.

Kalau kamu nggak bisa nyuruh provider buat murahin harga paket datanya, yang bisa kamu lakukan cuma mengoprek HP kamu bisa mengurangi pemakaian data kamu. Kamu juga bisa browsing pake browser hemat memori buat mengurangi datanya.

  1. Gunakan fitur Chrome Data Saver untuk browsing.

Jika kamu pengguna Chrome browser, maka kamu bisa memotong penggunaan kuota data dengan mengaktifkan fitur Data Saver. Untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa pergi ke menu Settings > Data Saver > ON. Fitur ini akan mengompres data kamu hingga 50% untuk mengurangi pemakaian data di HP Android kamu.

  1. Batasi penggunaan data di background (Restrict Background Data).

Jika kamu benar-benar merasa boros kuota data, salah satu cara menghematnya adalah memberhentikan penggunaan data di background. Untuk membatasinya kamu bisa masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Hal ini akan memotong aplikasi yang menggunakan data saat mereka berjalan di background, namun kendalanya adalah notifikasi kamu akan terlambat datang.

  1. Atur penggunaan data di masing-masing aplikasi.

.

Opsi Android Data Usage bukanlah satu-satunya cara untuk membatasi penggunaan data untuk sebuah aplikasi. Beberapa aplikasi memiliki opsi sinkronisasi dan opsi datanya sendiri. Kamu bisa mengaksesnya melalui menu setting di aplikasi tersebut. Contohnya Google Photos, kamu bisa masuk ke Settings > Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data.

  1. Update aplikasi hanya jika terhubung dengan WiFi.

Jika kamu menggunakan aplikasi dari Google Play Store, maka HP kamu akan meng-update secara otomatis aplikasi yang terinstal di situ. Update yang ditawarkan aplikasi terkadang memakan kuota yang sangat besar, hal ini tentu saja akan membuat boros kuota. Untuk menangani hal ini, kamu bisa aktifkan opsi Wifi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat HP kamu terkoneksi dengan WiFi. Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *