4 Cara Menghindari Penipuan Online Shop

Penulis : Sofia Silvia

Kalau sudah asyik browsing untuk belanja online, pasti lupa sama risiko penipuan. Padahal, sudah banyak banget kasus penipuan saat berbelanja di dunia maya. Supaya nggak mengalami hal ini, coba contek hal berikut, yuk!

 

  1. Cek Reputasi Penjual

Jangan mudah percaya dengan jumlah followers online shop yang ratusan ribu. Mungkin saja jumlah tersebut fiktif supaya menarik kepercayaan pembelinya. Setelah tahu nama online shop-nya, kita bisa browsing untuk tahu reputasi toko tersebut. Kalau reputasinya jelek atau pernah terlibat penipuan, kita akan segera tahu.

 

  1. Selalu Minta Bukti Pengiriman

Setelah proses pembayaran, kita tinggal menunggu barang sampai di tujuan. Tapi jangan lupa, biasakan untuk meminta bukti pengiriman atau resi setiap kali transaksi online. Supaya kita juga bisa tracking barang saat pengiriman.

 

  1. COD atau Fasilitas Rekening Bersama

Saat belanja barang yang harganya tergolong mahal. Lebih baik menggunakan jasa COD (Cash on Delivery) atau rekening bersama. Jadi ada perantara yang membantu kita untuk transaksi. Mereka akan mencairkan uang kita ke penjual ketika barang sudah diterima dengan aman. Kalau online shop tersebut memang terpercaya, mereka pasti menyediakan fasilitas tersebut.

 

  1. Simpan Bukti Transaksi

Setelah transfer, ada baiknya kita tetap menyimpan bukti transaksi dan chat kita dengan si penjual. Ketika barang tidak sampai atau ada kerusakan, kita masih punya bukti saat proses pembelian. Jadi lebih mudah deh klaim barang yang nggak sesuai dengan pesanan.

 

Jadi pastikan waspada sebelum kalian belanja online ya guys, biar uangnya tidak mubadzir dikasihkan ke orang jahat. Semoga tips-tipsnya bermanfaat ya.

Sumber : www.gadis.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *