Demi Ramadan yang Berkah, Ini 8 Hal Seru yang Bisa Dilakukan Saat Ngabuburit!

Penulis : Sofia Silvia

Demi Ramadan yang Berkah, Ini 8 Hal Seru yang Bisa Dilakukan Saat Ngabuburit!

Bulan Ramadan membawa keseruan tersendiri. Khususnya ketika jam-jam akan berbuka puasa. Mungkin selama ini kamu masih bingung apa yang harus dilakukan sambil menunggu adzan maghrib. Tenang, berikut adalah kegiatan asyik yang bisa kamu lakukan saat menunggu waktu berbuka.

 

  1. Waktu sebelum berbuka adalah momen “emas” doa kamu akan dikabulkan. Apapun kegiatanmu, pastikan kamu mengisi ngabuburit dengan doa-doa terbaik.

Menjelang berbuka adalah salah satu momen yang paling baik dan ijabah untuk memanjatkan doa. Doa-doa yang kamu ucapakan sebelum berbuka akan dikabulkan Tuhan. Nah, kalau kamu punya banyak keinginan, pastikan kamu isi momen ngabuburit dengan doa-doa terbaik.

  1. Mumpung bulan Ramadan, kamu bisa ikut ngajar ngaji di masjid.

Pada bulan Ramadan, biasanya masjid-masjid mengadakan acara ngaji sebelum waktu berbuka. Acara ngaji dijadwalkan untuk diikuti anak-anak, bapak-bapak, ibu-ibu atau remaja. Kamu bisa jadi sukarelawan untuk membantu acara rutin tersebut. Hitung-hitung menambah amal jariyah di bulan puasa.

  1. Coba deh gowes ke daerah pedesaan sembari menunggu adzan. Pahala dapat, sehat juga datang.

Gowes pun bisa jadi aktivitas asyik di waktu ngabuburit. Namun tak perlu menggenjot sepeda dengan terlalu semangat, nanti energi terkuras. Lebih baik lagi gowes dengan memilih jalur melewati daerah pedesaan. Udaranya desa yang sejuk dan minim polusi justru akan memberi semangat untuk melanjutkan puasa!

  1. Sembari nunggu waktu berbuka datang, kamu bisa nonton film bareng bersama teman-teman atau keluarga.

Nonton film selalu jadi kegiatan seru untuk dilakukan. Apalagi menonton film dengan genre kesukaan. Ajaklah kawan-kawan atau keluargamu untuk nonton bersama.

  1. Momen menunggu adzan berbuka juga bisa diisi dengan pergi ke salon untuk merawat tubuh.

Bagi kaum hawa, ngabuburit asyik pun bisa dilakukan dengan nyalon bersama karib. Bisa dilakukan dengan berangkat bersama ke salon, atau mengundang perawat kecantikan ke rumah. Mengundang perawat kecantikan memang lebih mahal, tetapi kita malah bisa santai karena tak perlu repot menghadapi capek dan macet di perjalanan.

  1. Selama ini blog-mu sepi dan gak pernah di-update lagi? Momen ngabuburit juga bisa dimanfaatkan untuk menulis.

Blogging bisa jadi aktivitas seru yang dilakukan menjelang berbuka. Menuliskan ceritamu sendiri berguna untuk mengawetkan ingatan terhadap pengalaman yang pernah dialami. Atau kamu juga bisa melakukan menelusuri blog-blog menarik milik orang. Membaca kisah dan pemikiran si pemilik blog juga berguna menambah wawasan kita.

  1. Jelajah masjid di kotamu dan cari takjil gratis. Lumayan, selain makan gratis kamu juga bisa menambah teman dan terikat dengan masjid.

Jelajah masjid juga bisa dilakukan untuk menunggu waktu berbuka. Dari satu masjid ke masjid lainnya. Manfaatnya adalah kita bisa mengicipi makanan takjil yang bervariasi. Bagi yang jomblo, kegiatan jelajah masjid juga bisa jadi kegiatan seru. Siapa tahu bisa bertemu jodoh yang soleh atau solekhah.

  1. Gak ada yang salah tiba-tiba jadi alim di bulan Ramadan. Siapapun kamu, gak usah malu untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Coba deh sekali-kali luangkan waktu untuk ikut kajian di masjid dekat rumahmu.

Mungkin kamu merasa enggan dan berpikiran “Duh, aku malu, aku kan bukan anak masjid, masa tiba-tiba ikut kajian?”, “Ih, aku malu masa ikut kajian gak pake jilbab?”. Buang pikiran itu sekarang.

 

Siapapun kamu, apapun profesimu, seperti apapun penampilanmu, kamu berhak untuk lebih baik dan mendekatkan diri pada Tuhan. Gak usah malu untuk bertandang ke masjid. Isi waktumu untuk ikut kajian, dijamin Ramadanmu jadi lebih berharga.

Sumber : life.idntimes.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *